Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Posted: March 10, 2014 in Uncategorized

pengertian IBD

Secara sederhana IBD(Ilmu Budaya Dasar) adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan.

 

 Tujuan IBD

Ilmu Budaya Dasar semata-mata bertujuan sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitar­nya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

 

3 kelompok ilmu pengetahuan

  1. Natural Science (ilmu-ilmu alamiah)

Ilmu- ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.

  1. Social Science (ilmu-ilmu social)

Ilmu-ilmu social bertujuan untuk mengkaji keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.

  1. Humanities (ilmu-ilmu budaya)

Ilmu-ilmu budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan yang bersifat manusiawi.

perbedaan antara IBD dan IPS

  • Ilmu Budaya Dasar merupakan pelajaran yang diberikan pada tingkat perguruan tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas. 
  • Ilmu Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal artinya tidak memiliki kelompok mata pelajaran sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kelompok dari sejumlah mata pelajaran diantaranya Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan lain-lain.
  • Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual  

 

persamaan antara IBD dan IPS

  • Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran.
  • Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  • Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social serta membahas tentang manusia dan permasalahan sosial di dalamnya.

3 golongan bahan pelajaran IBD

Materi ilmu sosial dasar terdiri atas masalah-masalah sosial untuk dapat menelaah masalah-masalah, sosial hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas 3 golongan yaitu :

  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan -kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang  sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
  3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial antara yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan
Comments

Leave a comment